Radio Suara Bersatu tingkatkan jangkauan siaran - SUARA BERSATU FM 95,5 MHz
Headlines News :
Home » » Radio Suara Bersatu tingkatkan jangkauan siaran

Radio Suara Bersatu tingkatkan jangkauan siaran

Written By SUARA BERSATU FM 95.5 MHz on Rabu, 04 Februari 2009 | 4:37 AM

Keberadaan Radio Pemerintah Kabupaten Sinjai, Suara Bersatu FM sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, baik yang ada di Kabupaten Sinjai maupun daerah sekitarnya. Sebagai sarana mengedepankan Sinjai melalui media informasi, tentulah mengharapkan agar semua informasi mengenai proses pembangunan dan kegiatan kemasyarakat yang ada di Sinjai dapat diakses. Ini selain untuk promosi potensi daerah yang ada, juga untuk lebih menjalin silaturahmi dengan warga Sinjai baik yang berdomisili di Kabupaten Sinjai maupun yang berada didaerah luar, tentunya melalui siaran radio.

Kepala UPTD Radio Suara Bersatu, Supardi S.Sos kepada news media center (04/02) mengatakan Radio Pemerintah Kabupaten Sinjai ini diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Sulawesi Selatan pada tanggal 21 Februari 2005 bertepatan dengan Hari jadi Sinjai ke - 442, “Saat itu peralatannya masih merupakan bantuan dari Gubernur Sulawesi Selatan dengan kekuatan jangkauan siaran hanya seluas 3 Km, sehingga mampu diakses oleh masyarakat yang bermukim di seputaran kota Sinjai” kata Supardi. Karena dirasakan keberadaannya sangat bermanfaat, maka sejak tahun 2006 Pemerintah Kabupaten Sinjai mengganti peralatan dengan kekuatan 600 Kilowatt. “Dengan kekuatan tersebut, maka siaran radio Suara Bersatu FM dapat menjangkau seluruh desa dan kelurahan pada sembilan kecamatan di wilayah kabupaten Sinjai, dan itu digunakan sampai saat ini” jelasnya.

Selain itu, Suaprdi mengatakan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, utamanya internet, maka sejak tahun 2008, masyarakat Sinjai maupun masyarakat di Indonesia bahkan di dunia kini sudah bisa mendengarkan penyiar dan reporter Radio Suara Bersatu melalui media internet melalui sistem operasi Windows dengan Player Winamp melalui situs : www.sinjaikab.go.id:8080, namun hal itu hanya dapat dijangkau oleh masyarakat atau daerah yang memiliki akses internet. Berdasar atas berbagai masukan dan keinginan masyarakat sinjai yang berada di luar daerah dan tidak dapat menjangkau siaran radio suara bersatu, maka pemerintah dalam waktu dekat ini akan kembali menambah kekuatan pemancar untuk menjangkau daerah di luar kabupaten sinjai. “Alhamdulillah, pada tahun 2008, pemerintah telah menambah peralatan untuk memperkuat jangkauan siaran dari sebelumnya 600 Kilowatt menjadi 3.000 kilowatt, dan Insya Allah akan resmi beroperasi saat peringatan hari jadi Sinjai ke – 445, Februari tahun ini” jelasnya.

Dengan penambahan kekuatan tersebut, maka siaran radio bersatu akan menjangkau minimal 80 % daerah yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan, bahkan bisa menembus sampai ke propinsi Sulawesi Tenggara. “Peralatan ini didatangkan langsung dari Norwegia, sehingga kami yakin dengan difungsikannya peralatan tersebut akan memperlancar operasional dari radia suara bersatu, karena terus terang peralatan tersebut sangat mahal” ungkap Supardi. Tekait masalah SDM, Supardi mengatakan saat ini jumlah tenaga di radio suara bersatu sebanyak 15 orang, terdiri dari PNS, tenaga kontrak dan sukarela. Disisi lain, dia tidak menampik bila tenaga radio, baik itu reporter, penyiar, tekhnisi dan administrasi kebanyakan hanya berpendidikan SMA. “Sampai saat ini belum mengirimkan tenaga radio untuk mengikuti pendidikan khusus, namun berkat kekompakan dan kerjasama antar tim, tenaga radio sudah dapat mengimbangi atau menyamai radio-radio yang telah profesional, dan ini bukan hanya pernyataan kami tapi atas penilaian beberapa masyarakat, instansi serta pemerintah kabupaten Sinjai” katanya dengan nada bangga. Namun kedepannya, pemerintah kabupaten sinjai berencana mengirim tenaga radio untuk mengikuti pendidikan penyiaran. “Dalam waktu dekat ini, sebanyak 2 orang tenaga radio kami kirim untuk mengikuti pendidikan penyiaran di Yogyakarta selama setahun, nantinya selepas mereka mengikuti pendidikan, kita berharap radio suara bersatu akan dikelola lebih profesional lagi” kata Supardi menutup pembicaraan.
Share this article :

Bupati dan Wakil Bupati Sinjai

Bupati dan Wakil Bupati Sinjai
H. Sabirin Yahya, S.Sos - H. Andi Fajar Yanwar, SE
 
Support : Copyright © 2011. SUARA BERSATU FM 95,5 MHz - All Rights Reserved
Created by Tim Web Radio Suara Bersatu FM 95.5 MHz
Jalan Persatuan Raya Kab. Sinjai