Jumlah Penduduk Sinjai Versi BPS dan Pemkab Jauh Berbeda - SUARA BERSATU FM 95,5 MHz
Headlines News :
Home » » Jumlah Penduduk Sinjai Versi BPS dan Pemkab Jauh Berbeda

Jumlah Penduduk Sinjai Versi BPS dan Pemkab Jauh Berbeda

Written By SUARA BERSATU FM 95.5 MHz on Minggu, 15 April 2012 | 6:00 PM

Belum jelas benar berapa jumlah penduduk Kabupaten Sinjai yang riil pada tahun 2011. Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih bersilang pendapat. Versi BPS Sinjai, berdasarkan data estimasi penduduk Sinjai pada tahun 2011 sebanyak 231.182 jiwa, data yang dirilis dari Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil jumlah penduduk Sinjai pada tahun 2011 dari hasil pendataan hiangga akhir tahun mencapai 305.161 jiwa. hal ini sangat berbeda jauh dengan hasil yang diperoleh dari BPS Sinjai atau Ada selisih jumlah penduduk sebanyak 73.979 jiwa antara data versi dukcapil dan versi BPS.

Kepala BPS Sinjai Andi rahmat saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa metode perhitungan jumlah penduduk yang dilakukan BPS Sinjai pada tahun 2011 yakni perhitungan dengan metode sampel sehingga hasilnya adalah estimasi. Perhitungan sampel dihitung dengan menggunakan rumusan untuk menentukan seberapa besar ukuran sampel yang diperlukan dari suatu populasi untuk mencapai hasil dengan tingkat akurasi yang dapat diterima.


Terkait perbedaan jumlah penduduk itu, M Rahmat menjelaskan bahwa perbedaan tersebut merupakan sesuatu hal yang wajar dan hampir terjadi di seluruh Indonesia hal ini disebabkan karena perbedaan konsep defenisi sehingga metode pendataan penduduk antara BPS dengan pemkab berbeda.
Menurutnya BPS memakai sistem de facto, sedangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan sistem administrasi kependudukan. Melalui sistem de facto, warga yang tercatat sebagai warga Sinjai yng memiliki KTP Sinjai namun bekerja atau kuliah di luar daerah seperti Makassar dan daerah lainnya maka ia tidak disensus. Sedangkan sistem administrasi, warga Sinjai yang bekerja di luar daerah dan masih memilki KTP Sinjai yang masih berlaku maka masih tetap didata. Dengan selisih jumlah penduduk ini bisa berpotensi menimbulkan berbagai masalah dan polemik. Termasuk dalam pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Sinjai pada tahun 2013 mendatang.(aan)
Share this article :

Bupati dan Wakil Bupati Sinjai

Bupati dan Wakil Bupati Sinjai
H. Sabirin Yahya, S.Sos - H. Andi Fajar Yanwar, SE
 
Support : Copyright © 2011. SUARA BERSATU FM 95,5 MHz - All Rights Reserved
Created by Tim Web Radio Suara Bersatu FM 95.5 MHz
Jalan Persatuan Raya Kab. Sinjai