67,9 Hektar Lahan di Sinjai Masuk Program Kota Tanpa Kumuh - SUARA BERSATU FM 95,5 MHz
Headlines News :
Home » » 67,9 Hektar Lahan di Sinjai Masuk Program Kota Tanpa Kumuh

67,9 Hektar Lahan di Sinjai Masuk Program Kota Tanpa Kumuh

Written By aand on Kamis, 02 Februari 2017 | 8:02 AM

SB-FM, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR) meluncurkan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dan memperkuat peran Pemerintah Daerah dalam percepatan penanganan kawasan kumuh di Tanah Air. 

Asisten I tata Praja Setdakab sinjai, Drs. A. Halilintar Badong mengatakan, berdasarkan SK Bupati terdapat 8 titik atau kawasan kumuh di Kecamatan Sinjai Utara yang akan menjadi sasaran program Kota tanpa Kumuh (KOTAKU) dengan luas lahan, 67.9 Hektar.

Kawasan ini terdapat di 4 kelurahan yakni Kelurahan Biringere, kelurahan Balangnipa, Lappa dan Kelurahan Bongki.

Masih luasnya wilayah kumuh di Kota Sinjai, menurut dia, menjadi salah satu parameter untuk melakukan penataan wilayah dan pembangunan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan. Sebab, bebasnya wilayah kumuh merupakan salah satu program Tujuan Pembangunan Milenium (MDGS).

Halilintar juga mengapresiasi adanya program Kotaku tersebut. Ia berharap kedepan, untuk mengatasi permukiman kumuh perlu penegakkan aturan yang tegas. Selain itu, harus ada kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih.

Program tersebut membantu Pemkab Sinjai di tengah keterbatasan anggaran. “Kalau mengandalkan anggaran kabupaten, jumlahnya minim,” tuturnya.

Untuk menata wilayah kumuh tersebut Pemkab Sinjai menganggarkan dana Rp 1 Milyar untuk melakukan berbagai upaya, seperti penataan perumahan penduduk, perbaikan sanitasi lingkungan, dan perbaikan rumah tidak layak huni. 

"Apalagi, pemerintah pusat dari Kementerian Perumahan Rakyat saat ini menggalakkan program 100-0-100, yakni 100% akses air bersih, 0% kumuh, dan 100% sanitasi sehat, yang ditargetkan tercapai pada 2019,", jelasnya. (AaNd)
Share this article :

Bupati dan Wakil Bupati Sinjai

Bupati dan Wakil Bupati Sinjai
H. Sabirin Yahya, S.Sos - H. Andi Fajar Yanwar, SE
 
Support : Copyright © 2011. SUARA BERSATU FM 95,5 MHz - All Rights Reserved
Created by Tim Web Radio Suara Bersatu FM 95.5 MHz
Jalan Persatuan Raya Kab. Sinjai